I. Penjabaran mengenai Proposal.
Pada dasarnya pengertian dari proposal itu sendiri adalah : suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Dalam dunia ilmiah sendiri, proposal merupakan suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian.
Bentuk “Proposal” biasanya memiliki suatu bentuk dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll.
II. Berikut sistematika penulisan proposal :
1. Pendahuluan
2. Dasar Pemikiran
3. Tujuan Kegiatan
4. Tema Kegiatan
5. Jenis Kegiatan
6. Target Kegiatan
7. Sasaran / Peserta Kegiatan
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
9. Anggaran Dana
10. Susunan Panitia
11. Jadwal Kegiatan
12. Penutup
Atau :
a. HALAMAN JUDUL
b. HALAMAN PENGESAHAN
c. DAFTAR ISI
d. DAFTAR TABEL
e. DAFTAR GAMBAR
f. DAFTAR LAMPIRAN
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Kegunaan Penelitian
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
1. Jenis Penelitian
2. Tempat dan Waktu Penelitian
3. Populasi dan Sampel
4. Teknik Pengumpulan Data
5. Alat Pengukur Data
6. Teknik Analisis Data
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
II. SEJARAH, MAKSUD, DAN TUJUAN
III. Berikut beberapa penjabaran perbedaan antara proposal Resmi dan proposal Tidak resmi :
“Proposal Umum” atau “Proposal Tidak Resmi” atau yang sering digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan memiliki cirri sebgai berikut :
1. “Proposal Umum” biasanya lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak terlalu kaku dalam aturan penulisan.
2. Walaupun lebih “bebas”, penulisan “Proposal Umum” tetap mengindahkan kaidah¬
kaidah dan sistematika tertentu, agar dapat dengan mudah dimengerti oleh orang¬orang
yang membaca proposal tersebut.
“Proposal Penelitian” atau “Proposal Resmi” atau Proposal yang digunakan dalam dunia ilmiah,
memiliki cirri – cirri sebagai berikut :
1) “Proposal Penelitian” biasanya lebih tegas dan kaku ( Formal ) dalam penerapkan aturan penulisan.
2) Menggunakan kalimat yang baku dan berorientasi atas kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia.
IV. Berikut salah satu contoh tulisan dari proposal Tidak Resmi :
Contoh Proposal
PEMBUATAN DATA BASE SISWA
PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 WONOSARI
1. Latar Belakang
Perkembangan bidang teknik informatika saat ini memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapat semakin ringan dikerjakan dengan bantuan komputer. Demikian halnya dengan pengelolaan data siswa di sebuah sekolah. Dengan menggunakan perangkat lunak data base, data siswa dapat diakses dengan cepat oleh kepala sekolah, guru BP, atau orang tua siswa dengan bantuan komputer.
Untuk dapat menyelesaikan belajar pada SMK YAPPI Gunungkidul, mulai tahun pelajaran 2003/2004 siswa diharuskan membuat tugas akhir berupa suatu produk yang layak jual atau layak pakai. Kegiatan ini dipakai sebagai ujian kompetensi. Sehingga profil kompetensi lulusan SMK YAPPI dapat dilihat secara langsung pada bentuk tugas akhir yang dikerjakannya.
Dari kedua hal diatas, kami sebagai siswa kelas 3 SMK YAPPI Gunungkidul Program Keahlian Teknik Informatika bermahsud membuat Tugas Akhir dengan judulPembuatan Data Base Siswa Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Wonosari.
2. Alasan Pemilihan Judul
Kami memilih judul tersebut karena beberapa alasan, antara lain :
a. Kompetensi Pembuatan Data Base merupakan salah satu kompetensi yang dipelajari di Program Keahlian Teknik Informatika SMK YAPPI Gunungkidul.
b. Program Data Base Siswa sangat diperlukan di Sekolah yang dapat digunakan untuk mengetahui secara cepat data-data tentang siswa.
3. Tujuan Pembuatan Tugas Akhir.
a. Memenuhi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan belajar di SMK YAPPI Gunungkidul.
b. Mengaktualisasikan diri sebagai tenaga teknik informatika tingkat menengah.
4. Jenis Kegiatan.
a. Proyek, menghasilkan suatu produk data base siswa.
b. Perseorangan, dikerjakan sendiri dengan bimbingan guru Teknik Informatika Bapak ..............
5. Strategi Pelaksanaan.
Pelaksanaan Tugas Akhir ini melalui strategi atau tahapan sebagai beikut :
a. Mengadakan pendekatan ke pihak sekolah.
b. Meminta ijin ke sekolah.
c. Pengumpulan data.
d. Pembuatan design data base dan tampilan.
e. Memasukkan data (data entry).
f. Uji coba.
g. Perbaikan.
h. Pemasangan program pada komputer sekolah.
i. Pelatihan bagi operator data base di sekolah.
j. Pembuatan buku tugas akhir.
k. Presentasi di muka penguji.
6. Waktu dan tempat.
a. Waktu : 25 Januari 2004 s/d 17 April 2004.
b. Tempat : SMPN 15 Wonosari.
7. Pelaksanaan Kegiatan.
No | Kegiatan | Januari | Februari | Maret | April | Keterangan | |||||||||||
2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Pemilihan Judul | | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | Konsultasi dengan pembimbing | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | Pendekatan ke sekolah | | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | Meminta ijin ke sekolah | | | | | | | | | | | | | | | | |
5. | Pengumpulan Data | | | | | | | | | | | | | | | | |
6. | Pembuatan Design Data Base dan Tampilan | | | | | | | | | | | | | | | | |
7. | Memasukkan data (Data Entry) | | | | | | | | | | | | | | | | |
8. | Uji Coba | | | | | | | | | | | | | | | | |
9. | Perbaikan | | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | Pemasangan Program pada Komputer Sekolah | | | | | | | | | | | | | | | | |
11. | Pelatihan bagi operator di sekolah | | | | | | | | | | | | | | | | |
12. | Pembuatan Buku Tugas Akhir | | | | | | | | | | | | | | | | |
13. | Presentasi di muka penguji | | | | | | | | | | | | | | | | |
14. | Revisi Buku Tugas Akhir | | | | | | | | | | | | | | | | |
8. Pendanaan
No | Kegiatan / Barang | Jumlah | Biaya satuan | Total Biaya | Keterangan |
1. | Pembuatan Proposal | 3 buah | Rp 5.000,00 | Rp 15.000,00 | |
2. | Pembelian Buku Microsoft Acces | 1buah | Rp 30.000,00 | Rp 30.000,00 | |
3. | Transport | 16 kali | Rp 4.000,00 | Rp 64.000,00 | |
4. | Pembuatan Buku Tugas Akhir | 3 buah | Rp 20.000,00 | Rp 60.000,00 | |
5. | Disket | 2 buah | Rp 4.000,00 | Rp 8.000,00 | |
6. | Sewa Komputer | 60 jam | Rp 1.000,00 | Rp 60.000,00 | |
7. | Perlengkapan presentasi Tugas Akhir | 1 unit | Rp 25.000,00 | Rp 25.000,00 | |
8. | Lain-lain | | | Rp 28.000,00 | |
J u m l a h | Rp 280 .000,00 |
Dana berasal dari :
a. Orang tua : Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
b. Diharapkan partisipasi dari SMPN 15 Wonosari : Rp 180.000,00 (seratus delapan puluh ribu rupiah)
9. Pelaporan
Semua kegiatan yang mendukung Tugas Akhir ditulis dalam Buku Proyek Akhir yang sistimatikanya sebagai berikut :
Halaman Judul
Pengesahan
Abstrak
Kata pengantar
Ucapan Terima Kasih
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Penulisan
1.3 Permasalahan
1.4 Batasan Masalah
1.5 Sistimatika Pembahasan
BAB II Teori Penunjang
2.1 Data Base
2.2 Microsoft Acces
2.3 Jaringan Komputer
2.4 Intranet
2.5 HTML
2.6 PHP
BAB III Perencanaan dan Pembuatan
3.1 Blok Diagram program
3.2 Instalasi Operating System Windows 98
3.3 Instalasi Microsoft Office
3.4 Instalasi PHP Triad
3.5 Pemasangan Driver ODBC Microsoft Acces
3.6 Pembuatan Design Data Base
3.7 Pembuatan Design Tampilan menggunakan HTML dan PHP
BAB IV Pengujian dan Analisa
4.1 Pengujian tampilan halaman depan
4.2 Pengujian program pencarian nama siswa
4.3 Pengujian program data seorang siswa
4.4 Pengujian program penampilan nilai siswa
BAB V Penutup
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran-saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Mengetahui | | Wonosari, 14 Januari 2004 |
| | |
Drs. Umar Bakri | | Indah Purnama |
Sumber :- http://smkyappi-wns.sch.id/ta.htm
0 komentar:
Posting Komentar